Akhir Maret, Facebook Tinggalkan BlackBerry

Setelah WhatsApp mengumumkan bakal mencabut dukungan untuk platform BlackBerry 10, kini giliran perusahaan induknya, Facebook, melakukan langkah serupa.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Neowin, Senin (21/3/2016), dukungan Facebook terhadap BlackBerry akan berhenti pada 31 Maret 2016.

Pengguna BlackBerry yang memiliki perangkat BB OS 7.1 dan BB OS 10 akan diminta untuk meng-update aplikasi Facebook-nya, yang nampaknya akan menjadi pembaruan aplikasi terakhir.

Update tersebut akan mengganti aplikasi shortcut aplikasi Facebook menjadi launcher  situs mobile Facebook. Dengan demikian, para pengguna BlackBerry terpaksa harus mengandalkan browser mobileuntuk membuka Facebook.

Selain aplikasi utama Facebook, pengguna BlackBerry tak bisa berharap banyak pada software third party karena perusahaan jejaring sosial itu turut memutus dukungan API untuk BlackBerry.

API atau Aplication Programming Interface dibutuhkan developer pihak ketiga untuk membangun aplikasi yang tersambung ke penyedia layanan tertentu, dalam hal ini Facebook.

WhatsApp dan Facebook diketahui termasuk dalam jajaran 10 besar aplikasi gratis di toko aplikasi BlackBerry World.

Adapun BlackBerry 10 sendiri selama beberapa tahun belakangan telah mengalami kemunduran pangsa pasar. Tahun 2015 lalu, data dari firma riset Gartner dan Comscore mengungkapkan bahwa pangsa pasar BlackBerry di pasar global sudah kurang dari 1 persen.

Berusaha membujuk

Belum ada pernyataan dari Facebook menyangkut soal ini, tapi BlackBerry sudah mengutarakan keberatannya soal penarikan Facebook dalam sebuah posting blog.

“Kami sangat kecewa dengan keputusan mereka karena banyak sekali pengguna yang menyukai aplikasi-aplikasi ini. Kami berjuang untuk mengubah pikiran WhatsApp dan Facebook, tulis Senior Marketing Manager BlackBerry Lou Gazzola.

Gazzola pun mengajak para fans BlackBerry untuk mengunggah kicauan di Twitter dengan tagar #ILoveBB10Apps, dalam rangka berusaha membujuk Facebook dan WhatsApp agar mengubah keputusan mereka. Namun, sejauh ini upaya tersebut belum menampakkan hasil.

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan bakal segera menarik dukungan dari platform BlackBerry 10, terhitung mulai akhir 2016 mendatang.

“Sistem operasi tersebut (BlackBerry) telah menjadi bagian penting dari sejarah kami, namun mereka tidak memiliki kemampuan yang bisa membuat kami berkembang di masa mendatang,” tulis WhatsApp mengenai alasan di balik keputusannya meninggalkan salah satu pionirsmartphone itu.

BlackBerry 10 pun bergabung dengan sejumlah sistem operasi usang lain yang bakal ditinggalkan oleh WhatsApp, termasuk Nokia Symbian S60, S40, dan Windows Phone 7.1.

Meski kecewa, Gazzola mengaku pihaknya memang harus menghadapi kenyataan terkait pilihan para pengembang aplikasi. “Lanskap aplikasi terus berubah, dengan cara-cara yang tak selalu dalam kendali kami,” tulisnya.

Setelah WhatsApp dan Facebook, aplikasi mana lagi yang akan meninggalkan BlackBerry?