Gucci Gandeng Will.i.am Kembangkan Smartband

Industri produk smart wearable semakin ramai. Setelah Tag Heuer, kini giliran Gucci yang bakal merilis perangkat yang masuk ke kategori smartband.

Untuk menggarap produk tersebut, perusahaan fashion mewah ini menggandeng seorang musisi bernama Will.i.am.

Penyanyi rap yang tergabung dalam grup musik The Black Eyed Peas ini memang bukan nama asing di dunia teknologi. Penyanyi yang memiliki nama asli ini William Adams ini masih tergabung bersama Intel sebagai Director of Creative Innovation.

Ia pun pernah merilis produk smartband sendiri yang dinamakan Puls.

Baik Gucci dan Will.i.am, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Jumat (20/3/2015), berkolaborasi dalam menciptakan perangkat smartband mandiri. Itu artinya, produk yang nama resminya belum diketahui ini dapat bekerja sendiri, tanpa harus dihubungkan ke smartphone.

Nantinya, produk buatan Gucci tersebut, selain untuk menampilkan waktu, bisa juga untuk menerima panggilan suara, berkirim pesan SMS, mengontrol musik, melihat peta, menghitung langkah, dan juga asisten personal digital.

Menurut pihak Gucci, alasan mereka membuat produk tersebut karena produk wearable kini sudah masuk ke kategori industri fashion.

“Teknologi wearable dan perangkat pintar melambangkan perbatasan baru untuk industri fashion. Hal ini sangat tepat bahwa Gucci memimpin jalan melalui kerjasama dengan will.i.am.” kata perwakilan Gucci.

Sayangnya, masih belum diketahui kapan perangkat tersebut dirilis. Harganya pun belum dibeberkan. Akan tetapi, mengingat Gucci adalah perusahaan fashion mewah, perangkat ini diprediksi memiliki banderol yang tinggi.

Perangkat yang bakal dirilis oleh Gucci dan will.i.am tersebut menambah panjang produk wearable yang dirilis oleh perusahaan fashion.

Belum lama ini, Tag Heur sudah memperkenalkan produknya sendiri. Untuk mengembangkannya, Tag Heur bekerjasama dengan Google dan Intel.

Pihak Tag Heuer belum mau mengungkapkan banderol harga, fungsi, ataupun desain dari perangkat hasil kerjasama ketiga perusahaan, namun produk itu disebut bakal menjadi jam pintar mewah pertama yang berbasis Android ketika diluncurkan pada kuartal keempat nanti.